Dinilai Patuh Protokol Kesehatan(PROKES) , CFD Buka Lagi

Dinilai patuh protokol kesehatan (prokes) , CFD dijalan suromenggolo belum perlu untuk ditutup. Meskipun kasus corona di ponorogo akhir-akhir ini terus melonjak. Ketatnya pengawasan terhadap pedagang dan pengunjung menjadi salah satu kunci agar pelaksanaan CFD tidak menimbulkan cluster baru corona. Seperti disampaikan oleh Adin Andana Warih Kepala Dinas perdagkum ponorogo, pihaknya menilai semua pedagang di gelaran CFD setiap minggunya patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes), mulai dari masker penyediaan tempat cuci tangan, bahkan juga sudah diberikan bantuan faceshild. Selain itu pihaknya juga menerjunkan tim yang secara khusus mengawasi seluruh pedagang di arena CFD ,  serta  pasar daerah  dan  PKL di seputaran Ponorogo agar tetap melaksanakan protokol kesehatan.


100 personil diterjukan secara shiff utnuk mengawasi setiap hari, untuk CFD pengawasan dilakukan setiap minggu. Harapnya dengan langkah ini tidak ada cluster corona yang berasal dari pedagang baik di CFD ataupun di pasar daerah lainya.

Sementara itu, terkait apakah ada pedagang yang melanggar prokes, sejuah ini belum ditemukan adanya pelanggaran khususnya dikawasan CFD. Jika ada yang melanggar langsung diberikan tindakan tegas seketika itu juga berupa teguran dan pelarangan. Contohnya sempat ada badut yang mengundang kerumunan anak-anak kecil dan orang tua untuk melihat. Seketika itu juga langsung diberikan teguran dan dilarang masuk ke kawasan CFD.

Sejauh ini, lanjut adin, untuk pelanggaran prokes yang dilakukan oleh pedagang masih zero. Terbaru dilakukan operasi yustisi kepada PKL di aloon-alonn.  Jikapun ada yang melanggar dan tertangkap operasi yustisi itu adalah pengunjung yang lewat.