Longsor Wagir Lor Ngebel Sebabkan 4 Tiang Listrik Roboh dan Pohon Tumbang

Longsor di Wagir Lor Ngebel akibatkan pohon pinus tumbang dan 4 tiang listirk roboh . Menyusul hujan deras yang mengguyur daerah wisata telaga itu minggu malam kamarin. Akibatnya ratusan rumah di 3 desa listrik padam sampai senin malam baru bisa nyala. Prapto, kepala desa Wagir Lor Ngebel kepada Gema Surya Selasa pagi 30/04/19 mengatakan, sebenarnya longsor kecil, tapi menumbangkan 4 tiang listrik sampai akhirnya jalan menuju ke Ngebel ikut tertutup longsoran tanah. Longsor itu diketahuinya ketika hari minggu malam sekira jam 12, tiba-tiba listrik padam sehingga dirinya keluar untuk melihat apa yang terjadi.


Tak tahunya di selatan pintu masuk telaga ngebel,  longsor juga menutupi badan jalan sehingga jalur dari telaga menuju ke sugihan air panas juga tertutup longsoran tanah. Senin pagi jam 10 sebagian sudah bisa disingkirkan berkat gotong royong warga sehingga akses jalan sudah bisa dilalui baik mobil maupun roda dua.

Menanggapi longsor tersebut, Bambang, manajer PLN ULP Dolopo mengatakan pihaknya sudah melakukan perbaikan dengan mengganti 4 tiang yang roboh tertimpa pohon pinus besar dan longsoran tanah. Diakui akibat adanya 4 tiang listrik roboh tersebut ada 17 travo yang terdampak padam. Perbaikan terus diupayakan dan Senin malam jaringannya sudah nomal kembali. Lebih lanjut dikatakan, sempat ada 3 desa yang terdampak listrik padam, tapi sekarang sudah teratasai. Di daerah wisata Ngebel ini, sering kali terjadi longsor, bahkan selama 4 bulan terakhir sudah ada 7 tiang listik yang roboh.