Lupa Matikan Api Kompor, Rumah Pedagang Gorengan di Desa Carat Ludes Terbakar

Diduga lupa matikan kompor di dapur, rumah Kasiani, warga RT 002/RW 001 Dukuh Wetan Dalem desa Carat, ludes dilalap si jago merah Minggu 20 November 2022 sekira pukul 04.10 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, tapi kerugian ditaksir mencapai Rp 75 juta.Pasalnya rumah dan isinya habis terbakar bahkan uang simpanan sebesar Rp 12 juta yang berhasil diselamatkan sudah tidak utuh lagi bentuknya.


Kompol Beny Hartono, Kapolsek Somoroto menjelaskan kronologis peristiwa itu dimana korban pukul 24.00 WIB mulai menggoreng dagangannya untuk dijual di Pasar Somoroto. Sekitar pukul 03.30 WIB Korban selesai memasak gorengan di dapurnya, selanjutnya mengangkat wajan dan pergi mandi untuk bersiap-siap ke pasar. Diperkirakan yang bersangkutan lupa mematikan api kompor dan langsung berangkat ke pasar begitu saja.

 

Sekitar pukul 04.25 WIB, ada warga yang mendengar suara ledakan dan selanjutnya mengecek keluar rumahnya. Ternyata rumah korban sudah dalam keadaan terbakar atapnya dengan api yang menyala besar, kemudian memanggil anak korban untuk meminta bantuan tetangga sekitar.

 

Pihaknya yang turun ke lokasi ikut membantu memadamkan api bersama tim pemadam kebakaran Pemkab Ponorogo dan BPBD serta Koramil. Sekitar jam 5.30 WIB api berhasil dilokalisir sehingga tidak merembet ke bangunan lainnya.Sementara Dian Purwantoko, petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi menyampaikan ada satu unit mobil PMK yang turun ke lokasi dan juga mobil penyuplai air BPBD Ponorogo. Ketika mobil PMK datang, api sudah membumbung tinggi nyaris memporak-porandakan bangunan rumah tersebut. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menjinakkan amukan si jago merah karena pihaknya sempat terkendala air.