Jelajah

Jelang Idul Adha, Pandai Besi di Ponorogo Kebanjiran Pesanan Pisau

Menjelang hari raya kurban Pandai besi kebanjiran pesanan hingga luar pulau Jawa, bahkan dalam 1 Minggu antrean mencapai 80 bilah pisau. Muhammad Mahroji  warga Dusun Mojo Desa Singgahan Pulung mengaku penjualan pisau naik signifikan dibandingkan hari-hari biasa.

Menurut Mahroji di Hari normal, pesanan pisau paling banyak hanya 10 bilah tapi menjelang idul adha sudah ada 80 pesanan. Untuk lebih menarik konsumen dirinya membuat variasi baru berupa ukiran yang ia pelajari langsung dari seniman ukir di Jogjakarta. 

Untuk satu bilah pisau buatan pria yang dikenal dengan nama mas black ini bervariasi, mulai dari 150 ribu rupiah hingga ada yang dihargai sampai 2,5 juta rupiah tergantung kualitas bahan dan ukuran, sedangkan, aksesoris ukir, ia hargai 2 hingga 3 juta rupiah tergantung tingkat kesulitan. Hasil tangan mas black sudah menyeberang ke luar pulau jawa seperti Batam, Palangkaraya hingga Lombok Timur.

Sementara itu salah satu pembeli bernama Imam mengatakan dirinya sudah langganan membeli pisau di mas black, pasalnya terkenal tajam, apalagi pisau nanti akan digunakan saat idul adha untuk menyembelih hewan qurban.