HeadlineJelajah

Musim Lulusan, Pemohon Kartu Kuning di Disnaker Naik 25 % Didominasi Fresh Graduate

Seiring banyaknya lulusan baru baik tamatan sma sederajat maupun lulusan perguruan tinggi, para pencari kerja yang mengajukan permohonan pembuatan kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kabupaten Ponorogo meningkat signifikan dari bulan-bulan sebelumnya.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat sejak awal bulan Mei 2024  pemohon untuk membuat kartu kuning mencapai 425 pemohon atau meningkat 25 persen dibanding bulan sebelumnya. Hal tersebut disampaikan Muhrodi Kabid Naker Disnakertrans Ponorogo. Para pemohon biasanya membutuhkan kartu kartu kuning untuk pembuatan persyaratan mencari peluang kerja baik di dalam negeri maupun untuk kerja luar negeri.

Dikarenakan adanya peningkatan pemohon serta untuk mempercepat pelayanan, pihaknya menyediakan loket tambahan pada pelayanan pembuatan kartu kuning. Selain itu juga ditambah satu orang petugas konseling lowongan kerja. Diakui dari ratusan pemohon, lanjut Muhrodi, didominasi oleh fresh graduate.