Jelajah

Antisipasi Kebakaran Lahan, Satpol PP Siap Berkirim Surat ke Desa/Kelurahan

Menghadapi musim kemarau yang berpotensi meningkatkan risiko kebakaran lahan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ponorogo akan segera mengirimkan surat imbauan kepada desa dan kelurahan setempat. Surat tersebut berisi anjuran agar kepala desa atau lurah meminta warganya berhati-hati dalam beraktivitas dengan sumber api, termasuk menunggu hingga api padam sempurna ketika membakar sampah.

Bambang Supeno, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Ponorogo, menekankan pentingnya langkah ini. Musim kemarau tahun lalu banyak terjadi kebakaran lahan karena ulah manusia yang membakar rumput kering, sampah, maupun dedaunan untuk membersihkan lingkungan. Karena tidak diawasi, api menjalar dan menyebabkan kebakaran. Kebakaran lahan yang paling sering terjadi adalah pada rumpun bambu.

“Senin siang kemarin, di Campur Rejo, Sambit, tim pemadam kebakaran turun ke lokasi untuk memadamkan kebakaran di rerumpunan bambu yang sangat dekat dengan pemukiman penduduk,” tambah Bambang.