Jelajah

Apresiasi Kepada Ibu Hamil, Pemkab Berikan Prioritas Kepesertaan BPJS

Dalam rangka memberikan penghargaan kepada wanita hamil serta upaya meminimalkan stunting, Pemerintah Kabupaten Ponorogo memberikan prioritas kepesertaan BPJS yang dibiayai dari APBD, nantinya perempuan yang hamil, tidak perlu khawatir lagi soal biaya, karena proses kelahirannya akan ditanggung. 

Hal tersebut disampaikan Supriyadi Kepala dinas sosial, menyusul adanya petunjuk dari Bupati mengenai hal tersebut. Jika sebelumnya ada JAMPERSAL Maka saat ini prioritas kepesertaan BPJS salah satunya diberikan kepada ibu hamil, untuk mempersiapkan kelahiran, selain itu juga diberikan kepada kelompok rentan seperti lansia yang memerlukan bantuan pengobatan.

“Dulu kan ada jampersal, namun sekarang sudah tidak ada, sehingga seringkali terjadi, ibu-ibu yang melahirkan itu ada kesulitan biaya, kami berharap itu tidak terjadi” terangnya kepada gema surya Senin (20/05). 

Supriyadi mengatakan fasilitas yang akan didapat yakni pembiayaan kelahiran, sehingga ketika pembiayaan di cover Pemerintah secara psikologis akan lebih tenang. 

“Ketika ibu-ibu yang hamil ini kita masukan kepesertaan BPJS, maka akan merasa tenang, selama kehamilan, tidak mikir nanti biaya persalinannya bagaimana, sehingga tidak mempengaruhi psikologis ibu yang sedang hamil” katanya.

Selain itu uang yang disiapkan oleh keluarga bisa digunakan untuk hal lainya, seperti pemenuhan gizi untuk mencegah stunting.

“Sehingga persiapan-persiapan yang sudah dilakukan keluarga ibu yang hamil itu, bisa digunakan sebagai penambahan gizi, sehingga nanti bisa untuk pencegahan stunting” tambanya.

Terkait dengan pengajuan bisa dilakukan dengan mekanisme surat pengantar dari desa, serta surat keterangan hamil dari fasilitas kesehatan, Pengajuan dilakukan ke dinas sosial dan setelahnya akan ada petugas verifikasi, untuk memastikan apakah yang bersangkutan layak dibantu secara ekonomi maupun tidak.