Sepekan Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Naik Terus

Sepekan menjelang perayaan Idul Fitri, harga daging ayam potong terus meroket. Menurut informasi yang disampaikan Wulan, seorang pedagang daging ayam di wilayah tersebut, harga daging ayam telah mencapai puncaknya dengan mencapai angka Rp 35 ribu per kilogram. Bahkan, diprediksikan akan terus naik hingga perayaan Idul Fitri nanti.


Naiknya harga daging ayam ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan dari masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri. Kenaikan permintaan ini juga mempengaruhi kenaikan harga ayam di kandang, sehingga harga jualnya menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Para pedagang daging ayam sendiri mengaku bingung menghadapi kenaikan harga ini, karena laba yang didapat tipis. Hal ini berbeda dengan situasi saat harga daging ayam masih terjangkau, di bawah Rp 30 ribu rupiah per kilogramnya.

Permintaan daging ayam meningkat hingga dua kali lipat dari sebelumnya. Rata-rata, peningkatan permintaan dari 2,5 kwintal menjadi 3,5 hingga 4 kwintal. Mayoritas pembeli adalah pedagang kuliner yang menambah stok daging ayam untuk memenuhi permintaan konsumen mereka yang juga bertambah.

Meski penjualan daging ayam laris manis, Wulan menyatakan bahwa dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun 2024 ini tergolong sepi.