Jelajah

Pihak Terminal Seloaji Akan Panggil Manajemen Rosalia Indah Pasca Busnya Terbakar di Tol Solo – Semarang

Terbakarnya bus Rosalia Indah jurusan Ponorogo – Baturaja – Lampung di tol Solo – Semarang, Kabupaten Boyolali, Sabtu, 16 Maret 2024 sore, berbuntut panjang. Pihak terminal Seloaji Ponorogo akan memanggil manajemen PO untuk mengklarifikasi kejadian tersebut.

“Berangkatnya dari agen Rosalia Indah, kelihatannya tidak masuk di data kita (tidak masuk terminal),” kata Purwanto, koordinator satuan pelaksana terminal tipe A Seloaji Ponorogo. Padahal, seharusnya setiap armada bus, sebelum memberangkatkan penumpang, masuk terminal Seloaji terlebih dahulu guna dilakukan pemeriksaan cek.

Pihaknya justru mendengar adanya kebakaran bus dari media sosial. Karenanya, langsung mengkonfirmasi melalui telepon ke pihak agen di Ponorogo dan mendapatkan informasi bahwa bus tersebut membawa 20 orang penumpang reguler.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, dimana penumpang langsung menyelamatkan diri. Informasi sementara yang didapat, bus terbakar karena konsleting listrik pada aki.

“Untuk penumpang langsung diangkut dengan armada cadangan, langsung dievakuasi dengan armada cadangan,” tambahnya. 

Bus AKAP itu memang cadangan lantaran bus reguler rusak. Atas kejadian tersebut, pihaknya mengimbau kepada semua pemilik PO di Ponorogo, masuk ke dalam terminal terlebih dahulu ketika akan membawa penumpang.

Apalagi jelang Lebaran, pihaknya bersama pihak terkait akan melakukan pemeriksaan cek untuk memastikan kesiapan dan kelayakan armada.

Sempat beredar luas rekaman video detik-detik bus milik PO Rosalia Indah terbakar di jalan tol Jalan Tol Solo – Semarang, Sabtu (16/3/2024) di jejaring media sosial. Pada awal cuplikan video itu, kobaran api muncul dari bagian bodi belakang bus hingga pada akhirnya melahap seluruh bodi bus. Kerugian diperkirakan mencapai Rp100 juta rupiah. (rl/ab)