Peringati Hari Kartini, Pemkab Gelar Layanan KB Gratis Serentak ke 53 Faskes

Menjelang hari kartini yang diperingati setiap 21 April, Pemkab Ponorogo gelar pelayanan KB gratis secara serentak di 53 fasilitas kesehatan Pemerintah dan swasta, diharapkan masyarakat mau memanfaatkan kesempatan ini, kegiatan akan dilaksanakan pada 22 hingga 30 april 2024.


Seperti disampaikan Ida Sulistyani S. Sos Kabid Keluarga Berencana dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana, dimana warga diminta segera mendaftar mulai sekarang dengan dikoordinir RT atau Desa setempat. 

“Pelayanan KB gratis untuk masyarakat di kabupaten Ponorogo, dan ini juga terkait dengan juga dari provinsi ternyata juga ada pelayanan gratis, jadi ini kita sama-sama di bulan april dalam rangka memperingati hari kartini” 

Pasalnya layanan KB gratis ini selain difasilitasi pemkab juga menyediakan semua metode KB baik jenis implan, IUD, MOW maupun MOP, bahkan untuk yang melakukan MOW dan MOP akan ada yang saku Rp350.000 sebagai ganti tidak kerja sehari.

Kegiatan KB gratis itu selain bertujuan mensukseskan program keluarga berencana juga mengurangi angka stunting, targetnya pihak nya bisa memberikan layanan kepada 9900 sasaran pasangan usia subur. 

“Pelayanan di seluruh puskesmas, di rsud, di RS Muslimat, terus ada lagi di Faskes milik swasta” pungkasnya.