Belasan Warga Kena DBD, Warga Kelurahan Kepatihan Gelar Fogging Mandiri

Warga Kelurahan Kepatihan Ponorogo nyatakan perang terhadap nyamuk Aedes Aegypti. Semua RW di kelurahan yang dipimpin oleh Husnul Arifandi tersebut melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk PSN melalui gerakan 3M plus fogging.


Mereka rela merogoh kocek sendiri untuk melakukan fogging secara swadaya. Kepada Gema Surya, Lurah Kepatihan Husnul Arifandi mengatakan wilayahnya sempat dinyatakan yang tertinggi untuk penderita demam berdarah yakni 13 kasus.

Beruntung, dari belasan tersebut, yang masih dirawat di rumah sakit tinggal dua orang saja. Yang paling rawan terkena DBD saat ini adalah anak-anak karena memiliki kebiasaan tidur di pagi atau sore hari. Selain itu, gerakan PSN juga merupakan instruksi dari Bupati Sugiri agar semua desa kelurahan serentak melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

Dijelaskan bahwa fogging merupakan upaya terakhir setelah dilakukan kegiatan bersih-bersih, menguras, menutup, dan mengubur semua tempat yang digunakan untuk menampung air, karena air adalah salah satu media terbaik dalam perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti. (rl/ab)