Baznas Ponorogo dan Kemensos Assessment Kebutuhan Jemono Warga Suren Mlarak yang Rumahnya Roboh

Baznas Ponorogo dan Kementerian Sosial melakukan assessment kebutuhan Jemono warga Suren Mlarak yang rumahnya roboh Sabtu (9/3), yang disebabkan hujan deras dan kayu rumah yang sudah lapuk.


Supriyadi, Kepala Dinas Sosial dan P3A, mengatakan Kamis 14 Maret 2024 ini Baznas dan Kementerian Sosial melakukan assessment apa yang dibutuhkan oleh Jemono ke depannya. Misalnya kebutuhan pembangunan rumah yang roboh kemarin, selain kebutuhan perabot yang dibutuhkan apa saja.

Supriyadi bilang, nantinya Baznas Ponorogo dan Kementerian Sosial akan saling melengkapi kebutuhan yang dibutuhkan oleh keluarga jemono. Jika Baznas akan membangunkan rumahnya maka kebutuhan perabotan akan dibantu oleh Kementerian Sosial.

Menurutnya dari dua institusi tersebut kemungkinan keputusan assessment paling cepat yakni dari Baznas Ponorogo, pasalnya hasil assessment untuk Kementerian Sosial akan dilaporkan terlebih dahulu ke Kementerian Sosial Pusat.

Masih kata Supriyadi, karena keluarga jemono merupakan keluarga penerima manfaat (KPM) yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), pihaknya berupaya agar keluarga jemono memperoleh modal kewirausahaan setelah pembangunan rumah selesai.

Sementara waktu keluarga Jemono tinggal di tenda darurat milik Dinas Sosial P3A yang didirikan beberapa waktu lalu, kebutuhan sehari-hari pun juga diberikan oleh Dinas Sosial P3A, serta memperoleh bantuan dari Polsek dan Koramil Mlarak. (yd/rl/ab)