Jelajah

Angin Kencang Membuat PLN Ponorogo Panen Aduan Listrik Padam

PLN ULP Ponorogo kota menerima banyak pengaduan mengenai listrik padam akibat angin kencang dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya, beberapa pohon dilaporkan roboh akibat angin kencang tersebut dan menimpa jaringan kabel PLN.

“Di daerah Kecamatan Mlarak, mengenai pohon jati mengenai jaringan 20.000 VA sehingga padam, tapi kemarin sudah diamankan sudah aman,” kata Irham Maulana, Manager PLN ULP Ponorogo kota

Meskipun berdampak pada pemadaman listrik, namun tidak memerlukan waktu lama untuk segera diperbaiki sehingga listrik dapat menyala kembali.

Selain itu, kejadian serupa juga terjadi di wilayah Jenangan. Sejauh ini, tidak ada kerusakan konstruksi di jaringan PLN sehingga pemadaman listrik tidak berlangsung lama. Selain pohon yang roboh, juga terdapat sambungan antar rumah yang perlu dipadamkan sementara karena akibat angin kencang.

“Untuk penanganan gangguan padam cukup banyak, entah itu kena efek angin, dan pohon roboh, murni karena cuaca angin kencang,” imbuhnya.

Langkah antisipasi yang dilakukan PLN agar tidak ada pemadaman listrik karena gangguan alam, salah satunya adalah melakukan pemangkasan pohon yang dahan atau rantingnya dekat dengan jaringan. (rl/ab)