Demam Berdarah Merajalela, Warga Desa Jetis Swadaya foging

Meningkatnya kasus Demam Berdarah (DB) di Kabupaten Ponorogo, menyebabkan warga di Desa Jetis, Ponorogo melakukan swadaya foging, Selasa (26/3). Setidaknya, ada tiga kasus demam berdarah yang telah terkonfirmasi di desa tersebut, dengan korban mayoritas masih berusia anak-anak.


Supriadi, salah satu warga Desa Jetis, menyatakan pengasapan dilakukan di area-area yang diduga menjadi sarang nyamuk serta di rumah-rumah warga. Langkah ini dinilai sebagai strategi efektif untuk mengurangi risiko penularan penyakit demam berdarah. Dia juga menambahkan, banyaknya rumah dan lahan kosong di desa serta kondisi sampah yang menjadi faktor pendukung peningkatan populasi nyamuk. Selain Di Desa Jetis, kasus demam berdarah juga ditemukan di Desa Kutu Kulon, Jetis

Kepala Desa Jetis, Muhammad Khoiri, menjelaskan kegiatan foging merupakan hasil swadaya atau patungan warga. Di Desa Jetis sendiri, sudah tercatat tiga kasus demam berdarah yang didominasi oleh anak-anak. Khoiri menegaskan pentingnya kerja sama antarwarga dan kepedulian bersama dalam menghadapi masalah kesehatan masyarakat.