Jelajah

6 Warga Terkena DBD, Dinas Kesehatan Lakukan Fogging di Nologaten

Dinas Kesehatan melakukan fogging di RT 03/RW 01, Kelurahan Nologaten, Ponorogo, Rabu, 6 Maret 2024. Ini dilakukan setelah ada enam warga yang terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

“Saya informasikan bahwa tadi pagi Rabu (6/3) ada giat fogging di wilayah kami yaitu dari Dinkes melalui Puskesmas Ponorogo Utara wilayah lingkungan Hasanudin, Nologaten,” kata Wiyono ketua RT setempat melalui sambungan telepon. 

Wiyono, mengatakan bahwa dari 6 warganya yang terkena demam berdarah, ada yang sudah pulang dan ada yang masih dirawat inap di rumah sakit. Usianya termasuk anak-anak dan remaja. Karena tidak ingin semakin meluas, maka pihaknya mengusulkan ke kelurahan dan diteruskan ke puskesmas.

Akhirnya, hal tersebut ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan untuk dilakukan pengasapan. Dinas Kesehatan juga meminta pasca fogging, dilakukan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk PSN melalui 3M plus.

“menguras bak mandi, menguras penampungan air, mendaur ulang barang-barang ya sekiranya memiliki potensi untuk bertelur nyamuk, dimohon masyarakat untuk hidup sehat,” imbuhnya.

Harapannya, kasus DB di wilayahnya tidak semakin berkembang, dan warga bisa menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. (rl/ab)