Jelajah

Tanggul Jebol di Kali Klepu Desa Purworejo Balong Jebol, 3 Desa Terdampak Banjir

Tanggul jebol di sungai Katil Dukuh Klepu, Desa Purworejo, Balong Ponorogo, mengancam desa-desa di sekitarnya. Ada 3 desa yang paling terdampak, yaitu Desa Purworejo, Desa Tatung, dan Desa Sedarat.

Informasi yang diterima BPBD Ponorogo menyebutkan terjadi genangan air dengan ketinggian 30 cm di Dukuh Prengguk Desa Sedarat di rumah-rumah warga. Selain itu, juga terjadi genangan air di lahan pertanian.

Agung Prasetyo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BBWS Solo. Untuk sementara, di tanggul menggunakan karung berisi pasir. Genangan air di rumah-rumah warga sudah surut pada Senin sore kemarin, namun untuk sawah masih menunggu.

Diakui memang setiap tahun selalu terjadi, sehingga ada lahan pertanian yang tidak ditanami saat musim penghujan karena selalu kebanjiran. Sebenarnya, puncak musim penghujan berdasarkan data BMKG terjadi pada bulan Februari lalu, namun di Ponorogo justru terjadi cuaca ekstrem pada bulan Maret.

Pekan pertama bulan ini, selain kejadian tanggul jebol, juga terjadi pohon jati roboh di Joresan Mlarak, dan ketinggian air di beberapa sungai besar mengalami kenaikan. Karenanya, warga diminta tetap siaga dan selalu waspada. (rl/ab)