10 Hari Menjelang Awal Puasa, Harga Minyak Goreng dan Gula Pasir Mulai Merangkak Naik

Bulan suci Ramadan yang tinggal 10 hari lagi, masyarakat dihadapkan pada kenaikan harga minyak goreng dan gula pasir curah. Kenaikan ini diperkirakan berada di kisaran Rp.1000 hingga Rp 2000 per kilogram.


Salah satu pedagang di Pasar Legi, Samsudin, mengungkapkan minyak goreng merek MinyakKita mengalami kenaikan harga signifikan dari Rp 14 ribu menjadi Rp 16 ribu per liter. Sementara itu, harga gula pasir juga naik dari Rp 16 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

Menurut Samsudin, kenaikan ini tampaknya disebabkan oleh peningkatan permintaan, terutama dari pembeli yang mempersiapkan persediaan untuk memasak kue dan makanan lainnya menjelang Ramadan.

“Saat ini, banyak pembeli yang membeli gula pasir untuk persiapan membuat kue atau makanan khas Ramadan. Hal ini menjadi salah satu faktor utama kenaikan harga,” ungkap Samsudin dengan nada prihatin.

Ia juga mengakui, harga MinyakKita saat ini melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang seharusnya sebesar Rp 14 ribu per liter. Pihak yang berwenang, kata Samsudin, harus turun tangan untuk memastikan kenaikan harga ini dapat diawasi dengan baik agar tidak merugikan konsumen.

Samsudin juga memprediksi bahwa kenaikan harga minyak goreng ini dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan menjelang bulan suci Ramadan.