Jelajah

Akun Facebook Dibajak Orang, Warga Sampung Lapor Polisi

Akun Facebook dibajak orang Selvi, warga Sampung Ponorogo lapor ke polisi. Pasalnya dengan diambil alih penipu, akunnya tersebut digunakan untuk aksi tipu-tipu. Akibatnya dirinya banjir laporan via inbox maupun Whatsapp, baik dari teman-temannya maupun orang yang tidak dikenal.

Beberapa diantaranya bahkan sudah terlanjur transfer sejumlah uang, sehingga minta pertanggungjawabannya. Padahal sudah setahun terakhir, akun FB-nya itu sudah tak bisa digunakan lagi karena sudah diambil alih orang lain yang mengaku dirinya. Foto profil yang dipasang juga foto koleksi dirinya di FB.

Lebih lanjut dikatakan, akun FB-nya itu diambil alih dan digunakan untuk penipuan giveaway mengatasnamakan Baim Wong. Selain itu juga untuk koperasi simpan pinjam dan penjualan HP.

Yang paling banyak korbannya adalah koperasi simpan pinjam. Diakui sebelum akunnya diambil alih, dirinya pernah ikut komentar di postingan giveaway.

Setelah itu, tiba-tiba akun FB-nya log out dengan sendirinya dan tidak bisa masuk lagi. Setelah dicek di akun lain, sudah dipakai aktivitas orang lain namun tetap memakai namanya. (rl/ab)