Jelajah

Mulai Dicairkan BPNT Bulan Januari Dalam Bentuk Uang Tunai

Bantuan pangan (BPNT) pada akhir Januari ini mulai disalurkan kepada Keluarga penerima manfaat (KPM), sehingga masyarakat diminta mengecek dan merealisasikan bantuanya di agen yang telah ditunjuk. 

Seperti disampaikan Supriyadi Kepala Dinas sosial Ponorogo kepada gema surya Selasa (30/01), pemberitahuan dari kemensos sudah ia terima mengenai penyaluran BPNT kepada KPM.

“Kami kemaren sudah menerima surat pemberitahuan penyaluran dari kementerian sosial bawha untuk program, sembako atau BPNT itu sudah disalruakan kepada masing-masing penerima manfaat” terangnya.

Menurut Supriadi pemberitahuan kepada KPM dilakukan melalui pihak Kecamatan yang kemudian diteruskan ke Desa-Desa.

“Kalau biasanya kami lewat kecamatan dan desa mbak, ini dan hari ini kai sedang bersurat ke pak camat untuk di teruskan ke PM, Tetapi melalui media ini kami mohon sebelum menerima pemberitahuan dari desa pun sudah dapat dilihat dan diambil” Katanya.

Besar bantuan yang diterima oleh KPM kata Supriyadi, masih sama dengan sebelumnya sebesar Rp200.000, dimana meskipun dinamakan bantuan pangan non tunai, namun semenjak 2023 sudah diberikan secara tunai dan masuk ke rekening masing-masing penerima.

“Mulai 2023 kan sudah tunai ya, jadi ini juga bantuan tunai, iya masuk ke rekening, jadi sudah tidak multi jadi sudah tidak berupa multi tas yang disalurkan melalui e-warung” jelasnya.

Ada sekitar 85.869 KPM yang selama ini menerima bantuan, harapannya, meski dalam bentuk uang, keluarga penerima manfaat tetap menggunakannya untuk membeli kebutuhan pokok seperti sembako.

“Jadi ya sudah tidaka ada lagi komoditas, penyalurnya lebih cepat dna kami memang bisanya menghimbau (bagi KPM) untuk memberikan bahan pangan, jadi kami berharap bantuan ini tepat guna dan sasaran” pungkasnya.