Jelajah

Tak Hanya Jalan Gajah Mada, Jalan KH Ahmad Dahlan dan Jalan Sultan Agung, Dibuat Satu Arah

Uji coba jalan satu arah di Jalan Gajah Mada Ponorogo, akan dilakukan pekan depan. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, nantinya juga berimbas ke jalur lainnya, seperti Jalan Sultan Agung dan Jalan KH Ahmad Dahlan.

“Barangkali minggu ini, atau awal minggu depan sudah ada pembongkaran di median jalan tengah. Lalu dinas yang terkait segera koordinasi dengan kepolisian untuk rekayasa arus lalu lintas,” kata Kang Giri Selasa (23/1).

Dalam uji coba ini, Jalan Ahmad Dahlan akan dibuat searah dari barat ke timur dan Jalan Sultan Agung searah dari utara ke selatan, dan Jalan Gajah Mada searah dari timur ke barat.

Lebih lanjut dikatakan, uji coba tersebut dilakukan setelah dilakukan kajian oleh Dinas Perhubungan Ponorogo. Kajian tersebut menunjukkan bahwa perubahan arus lalu lintas satu arah dapat mengurangi kemacetan di tiga ruas jalan tersebut.

Selain untuk mengatasi kemacetan, perubahan arus lalu lintas ini juga bertujuan untuk mendukung proses pedestrian trotoar yang dilakukan di Jalan Ahmad Dahlan dan Jalan Sultan Agung.

“Pertama tahap median jalan, lalu kemudian lampu akan berubah jadi indah, lalu pedestrian akan kita tata,” imbuhnya.

Pasca uji coba akan dilakukan evaluasi untuk menentukan, apakah perubahan arus lalu lintas ini akan diterapkan secara permanen atau tidak. 

Sugiri mengungkapkan, perubahan arus lalu lintas ini juga diharapkan dapat menumbuhkan perputaran ekonomi yang merata di Kota Ponorogo. Karena kendaraan bermotor akan melewati jalan-jalan kecil yang selama ini digunakan sebagai jalur alternatif.

Nantinya kata Sugiri jalan-jalan kecil seperti Jalan Lawu dan Jalan dr. Sutomo nanti akan terlewati oleh kendaraan bermotor. Dengan demikian, ekonomi di jalan-jalan tersebut juga akan tumbuh. (yd/rl/ab)