Sudah Lampaui Target 95 %, Kadinkes Optimis Sub PIN Polio Bisa Sasar Seluruh Target

Berkat dukungan luas dari berbagai pihak, Pekan Imunisasi Nasional atau Sub Pin Polio tahap 1 telah sukses melampaui target yang telah ditetapkan. Hingga Sabtu, 20 Januari 2024, capaian imunisasi telah mencapai 99.1%, melebihi target awal sebesar 95 persen.


Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, Diyah Ayu Puspitaningarti, menyampaikan capaian in. Dia mengungkapkan, meskipun sudah jauh melampaui target, pihaknya tetap berupaya untuk memastikan semua sasaran imunisasi telah menerima dua tetes vaksin Polio. Diharapkan, hingga 21 Januari nanti sudah mencapai 100%, atau mencakup 8206 anak usia balita hingga 8 tahun kurang 1 hari.

Kadinkes menambahkan bahwa pihaknya mengharapkan kerjasama dari semua orang tua untuk mengantarkan anak-anak mereka ke pelayanan kesehatan. Bagi anak-anak yang merasa tidak enak badan, disediakan fasilitas kunjungan ke rumah.

Selanjutnya, tahap 2 Pekan Imunisasi Nasional ini akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024. Untuk mempertahankan capaian yang telah dicapai pada tahap 1, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak agar bersedia mengikuti Sub Pin Polio.

Vaksin ini dinilai penting lantaran saat ini ditemukan kembali kasus penyakit polio. Polio hanya dapat dicegah dengan vaksin, sehingga partisipasi aktif dalam imunisasi sangat diperlukan untuk melindungi generasi muda dari penyakit yang dapat dicegah ini.