Jelajah

Mulai Terbayarkan Gaji ASN Bulan Januari 2024, Diawali 4 OPD

Keterlambatan pembayaran gaji aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Ponorogo untuk bulan Januari ini, dipastikan tidak berlangsung lama.

Setidaknya pada Kamis pagi 4 Januari 2023, ASN di 4 OPD sudah bisa mencairkan hak mereka yakni di Sekretariat DPRD, Dinas Dukcapil, Satpol PP, dan salah satu kecamatan.

“Jadi ASN itu ada PNS maupun P3K, itu baru disalurkan tanggal 2 Januari 2024 sore setelah jam kerja, jadi ada keterlambatan kaitaanya dengan transfer dari pusat,” Sumarno, Kepala BPPKAD Ponorogo

Hal itu dipastikan, dimana minggu ini gaji untuk semua ASN akan cair. Dijelaskan belum cairnya gaji untuk bulan Januari lantaran ada keterlambatan dana transfer dari pusat.

“Sistem tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, ada upgrade pembaruan sistem dari Kemendagri,” terangnya.

Dari SIPD menjadi SIPD RI mulai 12 Desember 2023 lalu. Dengan pergantian sistem tersebut semua daerah di Indonesia belajar menggunakan termasuk memasukan atau entry data lagi masing masing satuan kerja Satker.

Semakin banyak jumlah data yang dimasukan satker semakin lama untuk pencairannya sehingga dibutuhkan kesabaran. Pihaknya sudah memotivasi semua OPD maupun satker untuk segera mengentry data agar pembayaran gaji bisa segera dilakukan dengan target pekan ini rampung.

Sekedar mengetahui ribuan ASN yang terdiri dari PNS, P3K, dan honorer Pemkab Ponorogo belum terima gaji bulan Januari 2024. Karenanya banyak yang mengeluh dan bertanya tanya terkait keterlambatan gaji. (rl/ab)