Jelajah

Kamboja Tumbang di Pedestrian Jalan Gajah Mada, Masih Tanggung Jawab Rekanan

Sebuah pohon Kamboja yang baru-baru ini ditanam di lokasi pedestrian Jalan Gajah Mada, Ponorogo, tumbang kemarin sore akibat hujan deras. Kejadian ini menjadi sorotan karena pohon tersebut baru saja ditanam sebagai bagian dari proyek pendestrianisasi jalan tersebut.

Menurut keterangan dari Dwi Puspitorini, Kepala Bidang Kawasan Permukiman di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo, pohon Kamboja yang roboh kemarin sudah langsung ditanam kembali pada malam harinya. Menurutnya robohnya 1 pohon Kamboja tersebut karena memang baru ditanam dan tidak ada penyangganya

Dalam proyek ini, sebanyak 51 pohon Kamboja telah ditanam oleh pelaksana proyek. Meskipun satu pohon tumbang, namun Dwi memastikan pekerjaan pendestrianisasi jalan Gajah Mada telah selesai 100 persen. Proyek ini menghabiskan anggaran sebesar 6,1 milyar dan sudah rampung pada tanggal 20 Desember lalu.

Dwi Puspitorini juga mengungkapkan, pihak pelaksana pemenang proyek akan bertanggung jawab atas pemeliharaan area tersebut setidaknya selama satu tahun ke depan.

Dalam rangka meningkatkan penerangan dan kenyamanan di sepanjang trotoar, rencananya akan dipasang 99 lampu di sisi utara maupun selatan jalan. Selain itu, tempat duduk permanen dari beton juga akan disediakan untuk para pengguna jalan yang ingin bersantai di area tersebut.