HeadlineJelajah

Banaran Longsor Lagi, Tutup Akses Jalan dan Rusak Tanaman Warga

Tanah longsor kembali terjadi di kawasan desa Banaran Pulung. Tepatnya rt 02 rw 01 masuk dukuh Gondangsari dengan ketinggian tebing yang longsor mencapai 7 meter. Agung Prasetyo, Kabid kedaruratan dan logistik BPBD mengatakan longsor terjadi pada Minggu kemarin, 7 Januari 2024 sekitar pukul 13.30 WIB pasca hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Longsor sempat menutup akses jalan penghubung antar RT, juga merusak kebun dan ladang milik warga. Diakui intensitas hujan yang tinggi menjadi salah satu penyebab. Selain itu dukuh Gondangsari merupakan dukuh dengan tingkat kerawanan longsor yang tinggi jika mengacu pada hasil penelitian serta tanda berupa retakan tanah di wilayah tersebut.

Pasca mendapat laporan pihaknya langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan kaji cepat, juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran. Pembersihan material longsor direncanakan dilakukan Senin pagi bersama masyarakat serta pihak terkait seperti TNI POLRI serta pihak desa.

Pembersihan dilakukan menggunakan alat manual karena jika kondisi medan tidak memungkinkan mendatangkan alat berat. Agung menambahkan, meski akses jalan antar RT tertutup masyarakat tidak sampai terisolasi, arena ada jalur alternatif yang bisa digunakan sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas, meski hanya untuk roda 2.