HeadlineJelajah

Lupa Matikan Kompor, Rumah di Desa Jenangan Terbakar

Lupa mematikan kompor, rumah Sukimin warga dukuh Krajan desa Jenangan kecamatan Jenangan Ponorogo terbakar, Senin 18 Desember 2023 jam 18.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Bambang Supeno, Kabid Damkar dan penyelamatan Satpol PP Pemkab menceritakan kronologi musibah itu berawal dari pemilik rumah memasak di dapur sedang menggoreng singkong. Entah apa penyebab nya, ditinggal begitu saja dan lupa mematikan kompor gas.

Pemilik rumah mengetahui api sudah menyala-nyala dari dapur yang menghanguskan dinding yang terbuat dari bambu tersebut. Warga berusaha membantu dengan memadamkan api secara manual, sembari lapor ke pemadam kebakaran. Pihaknya yang menerima laporan menurunkan 2 mobil Damkar ke lokasi. Kurang dari satu jam api berhasil dilokalisir sehingga tidak sampai meluluh lantahkan semua bangunan. Diakui bangunannya tua dan didominasi dari bambu, untuk kerugian sekitar Rp 3 juta. 

Sementara itu, Pemerintah desa Jenangan dan warga segera melakukan gotong-royong membersihkan material bekas kebakaran yang melanda rumah Sukimin warga RT 01 RW 02 dukuh Krajan. Untungnya rumah yang terbakar itu ternyata rumah orang tuanya yang sudah meninggal dunia dan sudah lama dialihfungsikan menjadi dapur. Praktis,meski terbakar, pak Sukimin yang sehari-hari hidup dengan anaknya itu masih bisa tinggal di rumahnya sendiri di samping rumah yang terbakar tersebut. 

Seperti disampaikan Toni Ahmadi, kepala desa Jenangan, untuk tempat tinggal tak ada masalah. Yang dilakukan para tetangga hanya membersihkan puing-puing yang terbakar. Diakui jika penyebab kebakaran karena pak Sukimin lupa mematikan api kompor. Saat memasak ditinggal begitu saja ngobrol sama tetangga di luar rumah. Untung ada yang mengetahui dan segera ditangani Damkar.