Jelajah

Arus Balik Libur Panjang Terasa di Terminal Seloaji

Terminal Selo Aji merasakan arus balik libur panjang sejak Ahad, 31 Desember 2023. Koordinator Satuan Pelaksana Terminal Type A Seloaji, Purwanto, mengatakan puncak arus balik akan terjadi hingga 3 Januari 2024. Prediksi ini didasarkan pada lonjakan jumlah arus keberangkatan bus antar kota dalam provinsi AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) yang mencapai 2056 orang, serta 216 penumpang untuk antar kota antar provinsi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) pada akhir tahun kemarin.

Hingga saat ini, semua penumpang berhasil terangkut dengan bus yang telah tersedia di Terminal Seloaji. Purwanto menyebutkan bahwa belum ada kebutuhan untuk mengeluarkan bus cadangan. Arus kedatangan penumpang juga mencapai 1700 orang, dengan tujuan utama menuju Surabaya untuk AKDP dan Jakarta untuk AKAP.

Purwanto mengakui, selama angkutan libur Natal dan Tahun Baru, beberapa perusahaan otobus (PO) telah menaikkan tarif. Namun, peningkatan tarif ini dinilai masih berada dalam batas wajar dan tidak melanggar ketentuan batas tarif bawah maupun atas.

Meskipun demikian, pihak Terminal Selo Aji belum menerima laporan atau pengaduan dari penumpang terkait praktik PO nakal. Purwanto menegaskan, pihaknya bersama petugas di terminal telah melakukan pemantauan intensif untuk memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan penumpang. Jumlah petugas di Terminal Seloaji mencapai 15 personil yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa transportasi di tengah lonjakan arus balik ini.