Jelajah

Sering Ada Tumpahan Solar di Tikungan Jojor Singgahan Pulung, Pengguna Jalan Diminta Ekstra Hati-Hati

Beberapa hari terakhir, para pengguna jalan yang melintasi Tikungan Jojor di Dukuh Putuk Suren, Desa Singgahan Pulung, harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, jalur tersebut menjadi lebih licin bukan karena hujan, melainkan karena tumpahan solar

Kepala Desa Singgahan, Wahid, menjelaskan tumpahan solar sering terjadi karena tikungan tersebut memiliki tingkat kemiringan yang tajam. Jika tangki kendaraan tidak tertutup rapat, ketika belok, bahan bakar minyak (BBM) yang diisi penuh dapat tumpah, menyebabkan jalanan menjadi licin dan berbahaya bagi pengendara.

Warga sekitar dengan sigap selalu siap dengan air dan sabun untuk membersihkan tumpahan solar tersebut. Beberapa kali kejadian kendaraan terjatuh telah terjadi, dan warga setempat bahkan turun tangan untuk membantu. Pihak Polsek juga ikut terlibat dalam penanganan situasi ini untuk menjaga keamanan di jalur tersebut.

Wahid menyampaikan, jalur Tikungan Jojor merupakan akses utama menuju Kecamatan Pudak. Oleh karena itu, para pemilik kendaraan diharapkan untuk memeriksa tangki BBM mereka secara rutin. Setelah mengisi solar di SPBU, pastikan tangki tertutup dengan rapat dan segera ganti karet jika sudah tidak kencang lagi.

Berdasarkan pantauan, jenis kendaraan yang sering mengalami tumpahan solar di Tikungan Jojor adalah  L300. Wahid mengimbau agar para pemilik kendaraan jenis tersebut lebih berhati-hati dan melakukan pengecekan secara berkala guna mencegah kejadian yang dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.