Jelajah

Ada Refocusing Anggaran, Sasaran Penerima Pupuk Gurem Diperkecil

Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan mengakui jika program pupuk gurem belum bisa menyentuh semua petani kecil yang ada di Ponorogo. Ini karena ada refocusing anggaran sehingga jumlah sasaran penerima bantuan harus diperkecil.

Hal itu disampaikan Tamar Mahara, Kabid Sarana prasarana pertanian Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan ( Dipertahankan), dimana sesuai data BPS, sebenarnya yang masuk kategori petani kecil hanya memiliki lahan 0,5 hektar.

Namun karena dananya terbatas, maka akhirnya dikerucutkan lagi menjadi 0,14 hektar atau hanya punya satu kotak sawah. Lebih lanjut dikatakan penyalurannya diserahkan ke kelompok tani maupun gabungan kelompok tani. Ada sekitar 136 poktan/Gapoktan yang akan mendapatkan. Adapun pengawasan akan ada pendampingan dan PPL di wilayah masing-masing. 

Sebelumnya nasib petani kecil mendapat perhatian lebih dari Pemkab Ponorogo. Mereka akan mendapat bantuan pupuk NPK dengan jumlah total  54.250kilogram. Pupuk gurem ini hanya istilah saja lantaran sasarannya petani kecil. Dipilihnya pupuk NPK sebagai bantuan karena berdasarkan data untuk kebutuhan pupuk subsidi jenis urea sudah tercukupi.