HeadlineJelajah

HIV/aids di Ponorogo Sudah Sasar Kalangan Mahasiswa Hingga Ibu Rumah Tangga

Memprihatinkan, kasus HIV Aids di Ponorogo menyasar semua kalangan dan usia. Informasi yang disampaikan Dokter poliklinik VCT Rumah sakit Dr. Harjono, dr. Muthiah Ulya, pasien yang ditanganinya ada yang mahasiswa,ibu rumah tangga, pelajar SMA hingga balita 2 tahun.

Mereka tidak tahu apa-apa, tiba-tiba tertular penyakit yang disebabkan virus tersebut. Karenanya stigma negatif, dimana orang dengan HIV/Aids – ODHA harus dikucilkan, salah besar dan kudu dirubah.

Diakui memang penularan HIV aids lantaran melakukan sex bebas namun prosentase nya kecil. Yang terjadi kebanyakan dari mereka tertular dari pasangannya seperti istri tertular dari suami yang suka jajan, anak-anak tertular dari orang tuanya saat ada dalam kandungan.

Namun yang perlu diingat, penularan HIV Aids tidak mudah sehingga mereka bisa hidup berdampingan dengan masyarakat dengan baik. Dijelaskan ada tren kenaikan kasus HIV aids dari tahun ke tahun sehingga menjadi PR bagi semua pihak untuk bisa menekan angkanya.

Sosialisasi dan edukasiĀ  terus dilakukan khususnya kepada para pelajar mulai dari tingkat SMP. Yang menakutkan, justru ketika ada pemikiran berhubungan sesama jenis, aman akan penularan HIV Aids tapi kenyataannya justru meningkatkan resiko penularan.