HeadlineJelajah

APBD 2024 disahkan, Banyak Alokasi Anggaran Menurun

APBD Ponorogo untuk tahun 2024 akhirnya resmi disahkan pada kamis malam kemarin. Dalam postur APBD 2024 ditetapkan 2,3 triliun atau turun dari tahun anggaran sebelumnya. Sunarto Ketua DPRD Ponorogo mengungkapkan ada penurunan baik Dana Alokasi Umum (DAU) ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK). Hanya saja pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail penyebab penurunan dana alokasi tersebut. Pemerintah pusat hanya mengirimkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penurunan dana alokasi khusus ataupun Dana Alokasi Umum. Menurutnya penurunan APBD Kabupaten Ponorogo akan berdampak pada kegiatan pembangunan di daerah. Pasalnya, sebagian besar anggaran APBD digunakan untuk kegiatan pembangunan.

Masih kata Sunarto, anggaran hibah pilkada untuk KPU, Bawaslu, dan jajarannya mencapai Rp 64 Miliar. Jumlah tersebut cukup besar dan akan mengurangi anggaran untuk pembangunan.

Sunarto mengungkapkan, DPRD Ponorogo akan berupaya agar anggaran pembangunan di daerah tetap terpenuhi. DPRD Ponorogo akan melakukan pembahasan dengan pemerintah daerah untuk mencari solusi atas penurunan APBD Kabupaten Ponorogo.

Sementara itu Bupati Sugiri Sancoko mengakui jika APBD 2024 turun dibanding APBD 2023. Dengan melihat postur APBD 2024 maka pihaknya akan mulai melakukan pengetatan guna meminimalisir kebocoran. Serta akan melakukan inovasi bagaimana pajak restoran bisa lebih optimal termasuk menciptakan episentrum wisata dan budaya yang bisa mendongkrak pendapatan asli daerah.