Jelajah

Ponorogo Bangun Labkesda Rp 3,7 Miliar di Tambakbayan

Fasilitas kesehatan di Kabupaten Ponorogo semakin lengkap, seiring dengan diresmikannya Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang berlokasi di Tambakbayan. Pembangunan Labkesda ini anggarannya sekitar Rp 3,7 miliar.

Dyah Ayu Puspitaningarti, Kepala Dinas kesehatan mengatakan Labkesda yang awalnya berlokasi di jalan Dr. Cipto Mangunkusumo tersebut memiliki fasilitas yang lengkap serta berstandar nasional. Labkesda tersebut memiliki 9 laboratorium. Diantaranya tes narkoba, cek urin lengkap, cek darah lengkap, kimia klinik, imunologi, parasitologi.

Selain itu kata Ayuk, juga ada laboratorium kesehatan masyarakat untuk air, makanan serta udara. Jika Labkesda juga dilengkapi dengan bio safety level 2, yang digunakan untuk pemeriksaan virus menggunakan Tes Cepat Molekuler (TCM) dimana tidak semua laboratorium mempunyai.

Lanjut Ayuk, Labkesda yang merupakan bekas gedung Perpusda itu, juga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri untuk melengkapi persyaratan kesehatan.

Labkesda akan resmi beroperasi pada 1 Januari 2024 mendatang. Ayuk mengungkapkan Bupati Sugiri Sancoko berharap Pekerja Migran Indonesia ( PMI) yang ingin dapat surat kesehatan bisa berkunjung, tentu akan mempermudah dan melengkapi pelayanan kesehatan. Hanya saja untuk rencana tersebut pihaknya akan bekerja sama dengan dinas tenaga kerja dan mengikuti prosedur.