Bawaslu Ponorogo Gandeng Elemen Mahasiswa, Untuk Lakukan Pengawasan Partisipatif

Badan pengawas pemilihan umum – Bawaslu Ponorogo mengajak element mahasiswa lakukan pengawasan partisipatif memasuki tahapan kampanye Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Bahrun Mustofa, ketua Bawaslu Ponorogo, dimana Keterlibatan aktif mahasiswa dalam mengawal tahapan Pemilu akan sangat menentukan kualitas demokrasi.


Selain itu, warga negara yang aktif dalam pengawasan proses demokrasi menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi mahasiswa maupun masyarakat. Bawaslu sebagai lembaga pengawas penyelenggaraan Pemilu, lanjut bahrun, membutuhkan peran aktif keterlibatan mahasiswa, terutama dalam mengawasi tahapan demi tahapan sampai penghitungan suara selesai.

Jelang tahapan kampanye kemarin pihaknya sudah mengundang kalangan mahasiswa di kantor Bawaslu untuk mendapatkan sosialisasi dan edukasi.  Para peserta tidak hanya mendapatkan pemaparan materi, namun juga dilibatkan dalam sesi praktikum partisipatif.

Pada sesi tersebut seluruh peserta dari unsur mahasiswa diajak untuk melakukan analisis isu terkait tahapan Kampanye dalam Pemilihan Umum. Mahasiswa dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing beranggotakan 3 orang. Pembahasan antar kelompok memiliki topik yang berbeda-beda seputar isu krusial dalam tahapan Kampanye Pemilu.