HeadlineJelajah

Anggaran Habis, 1 Unit Mobil Tangki Air BPBD yang Rusak Dikandangkan

1 unit mobil truk tangki air milik BPBD Ponorogo terpaksa harus dikandangkan. Pasalnya sejak pertengahan bulan November 2023 mobil truk tangki tersebut mengalami kerusakan pada ban nya.

Ironisnya tidak ada anggaran untuk memperbaiki lantaran anggaran sudah habis. Masun, Kepala Pelaksana BPBD mengatakan, sebenarnya ada 3 truk tangki air untuk droping air bersih di 15 dukuh yang terdampak kekeringan.

Namun karena ada kerusakan pada 1 truk sejak pertengahan November 2023. Sehingga hanya 2 truk tangki air yang digunakan untuk melakukan droping air bersih. 

Masih kata Masun, biasanya 1 truk tangki air melakukan droping air bersih di 2 titik. Namun sejak ada 1 truk tangki yang rusak sehingga truk lainnya harus mengirimkan air bersih di 3 lokasi yang terdampak kekeringan. Pihaknya pun masih berkomitmen dengan mengirimkan air bersih untuk warga terdampak kekeringan dengan alat yang ada.

Diakuinya truk tangki yang digunakan saat ini merupakan hibah tahun 2011. Sehingga sudah 13 tahun digunakan untuk aktivitas. Menurutnya sebelum pemberitahuan dampak el nino, pihaknya juga sudah melakukan perawatan rutin pada 3 kendaraan truk tersebut. Namun ternyata dampak el Nino membuat kemarau agak sedikit panjang.