Jelajah

HKN, Bupati Sugiri Ajak Masyarakat Berperan Bangun Kesehatan

Momentum hari kesehatan 12 November 2023, dimanfaatkan Bupati Sugiri Sancoko untuk mengajak warga Ponorogo berperan aktif membangun kesehatan. Hal itu disampaikan orang nomor satu di Pemkab tersebut di peringatan Hari Kesehatan Nasional di gedung Sasana Praja Selasa siang, 14 November 2023. 

Menurutnya, membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Peringatan HKN tahun 2023 mengangkat tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”. Pihaknya wanti-wanti 6 pilar  transformasi kesehatan mengimplementasikan dengan baik.

6 pilar transformasi itu diantaranya transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan. Dari 6 pilar transformasi itu, menurut Kang Giri yang terpenting merupakan SDM kesehatan. Mindset nakes adalah pelayanan prima untuk pasien dan masyarakat harus  berperilaku hidup sehat.

Sementara itu Dyah Ayu Puspitaningarti Kepala Dinkes Ponorogo mengatakan bahwa momentum HKN tahun ini, bagi nakes untuk memberikan yang lebih baik. Apalagi pelayanan bagi masyarakat, yakni ditekankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu. Masih kata Dyah Ayu, dengan begitu program-program yang dicanangkan bisa langgeng.

Sehingga tidak hanya top down tetapi juga bottom up, beriringan menjadi balance. Dyah Ayu pun tidak henti-hentinya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pasalnya untuk memasyarakatkan PHBS tentu merubah perilaku seseorang. Sedangkan untuk mengubah itu, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu proses untuk menyadarkan masyarakat hidup dengan pola-pola bersih dan sehat.