Dermaga Telaga Ngebel Diubah Menjadi Tribun Penonton Pemkab Anggarkan 1 Miliar

Dermaga telaga Ngebel Ponorogo diubah menjadi tribun penonton. Pembangunan tribun ini menghabiskan anggaran Rp 1 miliar lebih.


“Sekarang ini tahapannya hampir 25 persen, tetapi pada akhir November sudah jadi. Yang pertama nanti adalah bangunan tribun,” kata Judha Slamet Sarwo Edhi, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo ditemui di Ngebel Senin (13/11).

Pantauan Radio Gema Surya, pembangunan tribun penonton di telaga Ngebel sudah mulai, dimana beberapa pekerja terlihat memulai proyek tersebut. Sekelilingnya ditutup oleh seng menandakan telah dimulai pembangunan.

Judha mengatakan, pihaknya membangun tribun penonton sebagai tindak lanjut dari pembangunan water fountain (air mancur menari).

Menurutnya bahwa water fountain sudah menjadi magnet wisatawan, sehingga untuk kenyamanan dari wisatawan perlu sarana prasarana yang juga nyaman. Nantinya akan ada panggung mini dengan background water fountain.

Judha bilang nanti ketika tribun selesai, ada agenda seni budaya setiap pekan. Target pembangunan adalah selesai pada akhir November 2023.

Anggaran miliaran rupiah ini diambilkan dari APBD induk. Untuk dermaganya sendiri nanti dipindah ke selatan jarak 100 meter.

“Akhir November sudah jadi semua. Goalnya adalah revitalisasi Ngebel ini kan bertahap sesuai dengan masterplan yang sudah kita rencanakan,” imbuhnya.

Rangkaian masterplan sudah direncanakan. Menurutnya untuk mewujudkan masterplan tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga dilakukan bertahap. (yd/rl/ab)