Jelajah

SMK PGRI 1 Ponorogo Gelar Sholat Istisqo di Halaman Sekolah, Diikuti Ratusan Siswa dan Guru

Ratusan Siswa dan Guru SMK PGRI 1 Ponorogo menggelar sholat istisqo atau sholat meminta hujan. Mereka berkumpul di halaman sekolah yang terletak di Jalan Irawan itu. Kepala SMK PGRI 1 Ponorogo, Drs. H. Jemito M Pd I, menjelaskan sholat ini diadakan sebagai ikhtiar rohani untuk mendatangkan hujan, mengingat kondisi panjangnya musim kemarau yang telah menyulitkan banyak aspek kehidupan.

“Kekeringan telah berdampak pada kekurangan pasokan air bersih. Selain itu, sebagai pendidikan karakter, kami ingin siswa kami memiliki pengalaman melaksanakan sholat istisqa,” ujar Drs. H. Jemito M Pd I.

Kondisi cuaca panas dan kekeringan juga berdampak pada proses belajar-mengajar di sekolah. Siswa, terutama yang berasal dari daerah pinggiran yang terdampak kekeringan, merasakan kesulitan. Sholat Istisqa diharapkan dapat membawa berkah hujan yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Selama pelaksanaan sholat Istisqa, acara dimulai dengan memperbanyak istighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT, sebagai tanda penyesalan atas dosa-dosa manusia yang mungkin menjadi salah satu penyebab kekeringan. Kemudian, dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat dua rakaat yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah, Drs. H Jemito M Pd I.

Setelah selesai sholat, semua warga sekolah bersama-sama bersholawat dan menikmati es dawet bersama, sebagai tanda kebersamaan dan semangat untuk menjalani masa sulit ini.