Jelajah

Tim Samandiman Prodi Teknik Mesin Umpo Ikuti Kontes Mobil Hemat Energi 2023

Tim Samandiman Prodi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) berkompetisi dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023, ajang bergengsi tersebut digelar oleh Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (kemendikbutristek). KMHE adalah ajang bergengsi bagi mobil-mobil hemat energi dan ramah lingkungan bersaing untuk meraih prestasi.

Seperti disampaikan Yoyok Winardi S.T., M.T. Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Teknik Mesin UMPO kepada gema surya Sabtu (28/10), mobil listrik yang dinamai warok rancangan team Samandiman mahasiswa teknik UMPO  berhasil lolos ke tahap final kategori Urban Motor Listrik di ajang KMHE, hal tersebut tak lepas dari perbaikan besar-besaran dan menambah update komponen pada mobil hasil evaluasi dari event yang diikuti sebelumnya agar siap bersaing kembali.

Menurut Yoyok, pihaknya dan team benar-benar mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan kompetisi yang digelar pada 28 Oktober hingga 2 November 2023 di Sirkuit Jakarta International E-prix, sebelumnya mereka sudah pernah mengikuti event yang sama dan terakhir juga menjajal aspal sirkuit Mandalika di Shell Eco Marathon Asia 2022.

Sementara itu Edy Kurniawan, S.T., M.T., Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengatakan, dengan perbaikan dan update komponen yang dapat diselesaikannya, pihaknya optimis mobil rancangan Samandiman UMPO mampu menunjukan performa terbaiknya di aspal sirkuit Jakarta International E-prix. 

Tim Samandiman UMPO yang digawangi Oleh Banyu Sevo Erlangga, Gilang Geraldy Putra, Ilham Ikhvan Nur Rahman, Dwi Wira Pandhu, Bahar Roziqin Rizki Lila Saputra dan Yoga Setiawan serta Dr. Kuntang winangun, SPd, MPd sebagai tim pembina. Pihaknya berharap, mobil yang mereka kembangkan mampu kompetitif di lintasan dan mendapat pencapaian konsumsi energi yang seminimal mungkin, serta bisa berkompetisi di event Shell Eco Marathon Asia 2024.