Jelajah

Terjatuh ke Sumur Tua Sedalam 6 Meter Warga Nglumpang Mlarak Selamat

Warga sekitar RT 1/RW 2 Lingkungan Mranggen, Desa Beton, Siman Jumat pagi, 27 Oktober 2023 dikejutkan dengan ditemukannya seorang pemuda di dalam sumur tua milik pak Istadi, warga setempat dengan kedalaman 6 meter.

“Itu sekitar jam 05.00 WIB pagi hari ini (Jumat, 27/10). Seperti biasa pagi-pagi warga aktifitas seperti biasa kemudian mendengar ada suara orang. Ada suara gak ada orangnya. Kemudian dicari. Akhirnya ketahuan sumber suaranya di sumur,” jelas Totok Ismulato, Kades Beton, Siman, melalui sambungan telepon. 

Ketika dilihat, ternyata ada seorang laki-laki di dalam sumur dengan kondisi nyaris tenggelam. Mengetahui kejadian tersebut, warga lantas melapor ke BPBD untuk membantu proses evakuasi.

Dijelaskan meski sumur tersebut sudah lama tak terpakai, namun masih ada airnya. Saat diangkat dari dalam sumur, kondisi korban masih hidup dan kemudian dibawa ke RSUD dr. Harjono.

Sementara Agung Prasetyo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo menjelaskan kronologisnya. Posisi sumur sudah ditutup dengan kayu, proses evakuasi korban atas nama Wildan (19), warga Nglumpang Mlarak berjalan lancar. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk proses evakuasi.

“Posisi sumur sebenarnya sudah tertutup. Sudah ditutup sama warga dengan kayu. Namun demikian, karena korban itu membuka tutup sumurnya lha terus terdengar suara sama warga sekitar yang dekat dengan sumur itu, terjadi suara ‘blug, akhirnya dilihat ada warga di sana,” jelasnya. 

Dijelaskan, informasi yang didapat dari warga sekitar, sudah beberapa hari ini korban terlihat hilir mudik di sekitar lokasi, layaknya orang bingung, diduga ingin meminta sumbangan. Kemungkinan korban bingung lantaran ayahnya tengah dirawat di rumah sakit, sedangkan keluarganya tergolong tidak mampu.

Sementara terkait dengan kondisi kesehatan korban pasca evakuasi, kata Agung, sudah sadar sepenuhnya, hanya agak lemas. (ii/ab)