AdvertorialHeadlineJelajah

Angkat Getuk Golan, Pelajar SMPN 1 Jetis Lolos OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Nasional)

Siswa siswi SMPN 1 Jetis tak henti menorehkan prestasi. Terbaru, Sekolah yang dikomandani oleh Sudarto S.Pd M.Pd sukses menyabet sebagai juara 1 dan 2 dalam lomba robotik tingkat provinsi Jatim di Jombang. Tidak berhenti sampai disitu, prestasi lain yang membanggakan yakni berhasil menempatkan anak didiknya menjadi Menjadi Finalis OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Nasional ) bidang IPA yang digelar oleh Kemdikbud Ristek. Hanung Latif Priambodo dan Levina Aulia Desitasari lah yang berhak mewakili Ponorogo dalam olimpiade tersebut, dan akan bersaing dengan ribuan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.

Dwi Sujatmiko ST, Guru Pembimbing menceritakan, dalam olimpiade tersebut, anak-anak mengangkat penelitian soal Gethuk Golan. Di tangan mereka, jajanan tradisional khas Sukorejo tersebut dibuat berbeda dengan gethuk Golan yang selama ini dikenal berwarna coklat, tapi berwarna biru. Mungkin terlihat aneh, tapi justru itulah kelebihannya ketimbang getuk lain, karena bisa lebih awet dan tidak gampang basi, bahkan hingga 7 hari. Memang untuk warna berbeda, tapi untuk masalah rasa dan tekstur ,sama. Untuk penelitian tersebut kata Miko, sapaannya, digunakan bunga telang atau bahasa latinnya “Clitoria ternatea “. Pemilihan bunga tersebut tidak sembarangan, setelah melalui berbagai uji coba. Diharapkan, melalui olimpiade tersebut bisa mempopulerkan nama gethuk Golan ke tingkat nasional. 

Sementara Sudarto S.Pd M.Pd, Kasek SMPN 1 Jetis, menyampaikan berbagai persiapan telah dilakukan oleh seluruh elemen sekolah untuk meningkatkan pengetahuan anak didiknya dalam berinovasi dan menguasai teknologi. Selain melibatkan guru pembimbing yang benar-benar mumpuni dan menguasai materi, pihak sekolah juga memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang memungkinkan anak-anak bisa belajar mandiri. Pihaknya juga bersyukur dengan berbagai prestasi yang diperoleh anak didiknya selama ini, dapat mengantarkan sekolah mendapat reward dari pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Sekolah Berprestasi. Ini merupakan satu-satunya sekolah di Ponorogo yang mampu mendapatkannya.