Jelajah

Kisah Diki, Wisudawan UMPO yang Persembahkan Kelulusannya Untuk Mendiang Sang Istri

Cerita tentang Diki Candra yang mempersembahkan ijazahnya untuk mendiang istrinya pada hari wisuda Uiversitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) pada tanggal 21 Oktober 2023 benar-benar mengharukan. Diki Candra, seorang wisudawan asal Puhpelem Wonogiri, mampu menyita perhatian khalayak.

Gelar sarjananya adalah janji yang harus Ia tepati untuk mendiang istrinya, Isnaini Ratri Nawangwulan. Dalam video yang viral di media sosial, setelah dirinya dikukuhkan menjadi sarjana ekonomi, Diki pergi langsung ke makam sang istrinya lengkap dengan seragam wisudanya. Dalam unggahan tersebut, Diki menuliskan bahwa dia telah memenuhi janji kepada sang istri yang telah tiada.

Kepada RGS FM, Diki menceritakan selama mengejar gelar sarjana, Dia juga harus berjuang untuk menjaga kesehatan sang istri yang tengah melahirkan buah hati tercintanya. Disaat itulah, istrintya selalu mendorongnya untuk terus berjuang dan tidak putus asa menyelesaikan pendidikan tingginya.

Akhirnya, impian Diki menjadi kenyataan, dan ia berhasil meraih gelar sarjana. Namun disisi lain, kesehedihan mendalam juga dia rasakan. Disaat semua wisudawan lain mendapat pelukan dari orang tua dan pendamping di samping mereka, tetapi Diki tidak bisa merasakan hal itu. Ia merasa sangat sedih dan berandai-andai bahwa sang istri masih bisa berada di sisinya.

Diceritakan, istri tercintanya meninggal setelah melahirkan putri pertama mereka, Leona, yang saat itu belum genap 3 bulan. Sang istri berharap bahwa gelar sarjana ini akan menjadi kado terindah untuknya dan putri mereka.

Dalam wajah kesedihan yang ia rasakan, Diki Candra tetap tegar dan bertekad untuk membesarkan putri mereka menjadi manusia yang berguna, meskipun tanpa kehadiran ibu tercinta.

Cerita Diki Candra yang telah memenuhi janjinya terhadap keinginan sang istri, mengingatkan kita akan kekuatan cinta dan komitmen dalam menghadapi cobaan hidup.