Jelajah

Bakar Sampah di Kebun, Nenek Renta Asal Grogol Sawoo Ditemukan Meninggal dengan Luka Bakar

Nasib tragis menimpa Tukirah, seorang nenek berusia 68 tahun yang merupakan warga Desa Grogol Sawo, Kabupaten Ponorogo. Tukirah ditemukan meninggal dunia dengan kondisi separuh tubuhnya terpanggang di kebun tak jauh dari rumahnya pada Senin (16/10) sore.

Kuat dugaan, korban tewas lantaran terlalu banyak menghirup asap saat membakar sampah. Sayangnya, orang-orang tidak mengetahui kejadian ini dengan segera, sehingga kobaran api dari dedaunan kering pohon bambu ikut membakar tubuh rentanya.

Kapolsek Sawoo, AKP Joko Suseno menjelaskan berdasarkan keterangan warga setempat, Tukirah kesehariannya membersihkan dan membakar sampah. Warga sebelumnya telah beberapa kali memberikan nasehat agar tidak membersihkan kebun dengan cara membakar, namun nasehat ini tidak diindahkan oleh korban.

Ketika jasad korban ditemukan, lokasi kejadian masih dikelilingi oleh api. Korban mengalami luka bakar hingga sekitar 40% di bagian kepala, tangan, dan kaki.

Hasil pemeriksaan oleh pihak berwenang menyimpulkan bahwa kasus ini adalah murni kecelakaan, sehingga jenazah korban akhirnya diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan. Keluarga korban juga menolak dilakukan otopsi dan menerima kejadian ini sebagai musibah yang tragis.

Insiden ini diharapkan menjadi pengingat bagi semua orang tentang bahaya membersihkan kebun dengan cara membakar, terutama saat kondisi cuaca tidak mendukung.

Pihaknya berpesan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan metode pembakaran untuk membersihkan kebun, dan pihak berwenang serta masyarakat setempat berharap agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.