Jelajah

Waspadai Gangguan Kesehatan Imbas Cuaca Panas, Perbanyak Minum Air Putih

Waspadai gangguan kesehatan imbas cuaca panas di wilayah Ponorogo dalam beberapa pekan terakhir, suhu panas yang ekstrim bisa menjadi masalah kesehatan serius, sehingga penting untuk meningkatkan kewaspadaan terutama saat sedang berkegiatan di luar ruangan. 

Seperti disampaikan dr. Danang Mukarom, dokter di RS Muhammadiyah Ponorogo kepada gema surya Ahad (15/10), salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh di musim kemarau adalah dengan minum air putih yang lebih dari biasanya untuk mencegah dehidrasi. Jika biasanya sehari hanya butuh 2 liter air , saat ini harus ditambah  yakni antara 2,5 hingga 3 liter air sehari, Hanya saja untuk yang memiliki riwayat sakit jantung dan ginjal ,tidak dianjurkan minum banyak air.

Selain dehidrasi menurut dr. Danang, gangguan kesehatan di musim panas ini adalah heat stroke meski kasusnya di Ponorogo sedikit, sedang yang paling banyak muncul, saat ini adalah batuk pilek dan asma karena alergi. Adapun tips sehat di tengah cuaca panas diantaranya,  hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, dan lebih baik gunakan topi atau payung, sering berteduh bagi pekerja lapangan serta memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.