Jelajah

Seekor Ular Piton Seukuran Kaki Orang Dewasa Hadang Warga Desa Jonggol Jambon

Pulang kenduri warga lingkungan Ngasinan Desa Jonggol Kecamatan Jambon, dihadang seekor phyton sepanjang 3 meter senin malam (30/10), ular dengan ukuran se kaki orang dewasa itu, terlihat terdiam ditengah jalan perkampungan dan tidak mau bergerak, sehingga lantaran takut, akhirnya warga memanggil pawang ular untuk menangkapnya hidup hidup.

Seperti disampaikan Supriyadi Kepala Desa Jonggol Jambon, beberapa waktu lalu warganya juga sudah menangkap seekor ular dengan jenis yang sama, ada kemungkinan kedua hewan melata itu berpasangan dan turun ke perkampungan mencari makanan.

“Jam 10 malam, saat dijalan menemui ular yang sangat besar mbak, kurang lebih panjangnya 3 meter, segede kaki orangtua lah, anu melintang ditengah jalan” jelasnya kepada gema surya Selasa (31/10).

Diperkirakan keduanya berasal dari pegunungan hutan jati, yang lokasinya dekat dengan penemuan ular tersebut, kemungkinan di tempat habitatnya makanan sulit didapat sehingga turun gunung.

“Ditemukannya itu di dekat hutan jati gunung krasak kalau di jonggol itu, hutan jati, asalnya dari hutan, terus ke pemukiman itu cari mangsa mungkin itu mbak. Katanya menangkap menthok itu” tambahnya.

Diakui sejak beberapa hari terakhir banyak laporan ternak warganya hilang seperti ayam maupun bebek, sehingga kuat dugaan dimangsa ular tersebut, namun begitu warga tak ingin membunuhnya dimana pasca ditangkap dengan memanggil pawang dan dimasukan ke karung, ular tersebut dikembalikan lagi lagi ke hutan.