Jelajah

Sempat Anjlok 4 Hari, Harga Daging Ayam Potong Naik Lagi

Sempat turun beberapa hari, harga daging ayam potong merangkak lagi. Informasi yang disampaikan Nungki, salah satu pedagang di Jalan Suromenggolo, Kamis (28/9), harganya kembali Rp32 hingga Rp34 ribu per kg-nya.

Padahal sempat anjlok di harga Rp30 ribu selama 4 hari. Tidak diketahui pasti penyebab naiknya harga daging ayam potong padahal selaku penjual sempat senang begitu juga konsumen lantaran sudah lama menanti turunnya harga. 

Pembeli dan pedagang bisa dikatakan sama-sama untung jika harganya antara Rp25 ribu hingga Rp28 ribu per kg-nya, dimana dirinya bisa menikmati laba sedangkan daya beli konsumen juga naik.

Diakui atau tidak, dengan kenaikan harga daging ayam membuat pembelian lesu. Dulunya di bawah Rp30 ribu, bisa menjual 3 kuintal daging ayam dalam sehari namun sejak mahal, hanya sepertiganya saja.

Selain itu juga banyaknya persaingan usaha, banyak bermunculan pedagang daging ayam di pinggir-pinggir jalan. Tapi jika harganya terus meroket, pedagang ayam juga pilih tutup usaha sementara karena takut rugi. (rl/ab)