Jelajah

Lagi, 7 ODGJ di Ponorogo Hidup Dalam Pasungan

Status zero pasung untuk orang dengan gangguan jiwa ODGJ yang sempat diraih Kabupaten Ponorogo tahun 2022 lalu, tidak bertahan lama. Ini setelah ditemukan lagi ODGJ yang hidup dalam pasungan.

“Yang menghendaki repasung itu dari keluarganya, karena takut” kata Dyah Ayu Puspitaningarti Kepala Dinas Kesehatan ketika ditemui wartawan Rabu (11/10) siang.

Temuan Dinas Kesehatan ada 7 orang yang repasung. Mereka tersebar di 3 kecamatan yakni di Sampung, Ngrayun, dan Jambon. Repasung ini dilakukan oleh pihak keluarga, karena yang bersangkutan berperilaku mengganggu warga di lingkungan sekitarnya.

Dyah Ayu bilang, pihaknya  telah mengambil langkah untuk mengawasi kondisi pasien khusus ini melalui posyandu kesehatan jiwa yang ada.

Setelah sembuh, ODGJ tersebut diminta bisa dilepas lagi lantaran Pemkab sudah mencanangkan zero pasung. Peran serta semua pihak juga diharapkan agar ODGJ bisa sembuh dan diterima dimasyarakat. Dengan begitu, terhindar dari risiko kambuhnya gangguan jiwa mereka.

“Zero pasung, kemudian ada repasung itu karena takut ngamuk sehingga dipasung, 7 itu. Tapi kita berusaha supaya bisa kondusif lagi supaya tidak ada pasung,” pungkasnya. (yd/rl/ab)