Jelajah

Tak Ada Makanan di Hutan, Kawanan Monyet Liar Turun ke Pemukiman Warga Munggung Pulung

Kawanan monyet ekor panjang turun ke pemukiman warga di Dusun Tosari Desa Munggung, Kecamatan Pulung, dalam beberapa hari terakhir. Diduga kelaparan, menyusul kemarau panjang melanda bumi reog. Monyet-monyet tersebut sulit mencari makanan di hutan, lantaran sumber air banyak yang mengering dan sering terjadi kebakaran lahan.

Tariyem warga setempat mengatakan, dengan turunnya kawanan monyet ke pemukiman penduduk sangat meresahkan. Semua yang ada di pekarangan rumah dimakan oleh monyet, dari ketela, jambu hingga nangka. Selain itu, kebun cengkehnya juga rusak apalagi turunnya bisa 3 kali dalam sehari.

Kades Munggung Imam Mahfudin mengatakan, jika monyet ekor panjang ini sudah 7 bulan ke pemukiman. Pihak pemerintah desa (Pemdes) juga sudah laporan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, karena dinilai cukup meresahkan.

Awalnya ada 4 monyet, namun sekarang tinggal 3 monyet. Imam mengatakan karena adanya monyet-monyet liar tersebut, warga merasa dirugikan karena juga merusak tanaman milik warga. (yd/rl/ab)