Jelajah

Lagi Tungku Api Penyebab Kebakaran, Dapur Warga Nglurup Sampung Ludes

Semakin bertambah jumlah kasus kebakaran rumah di Ponorogo, kali ini rumah warga Nglurup Sampung nyaris luluh lantah akibat amukan si jago merah pada Ahad malam (24/09/2023), tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun dapur dan seisinya habis terbakar.

Seperti disampaikan Bambang Supeno Kabid damkar satpol PP, kebakaran menimpa rumah pak Kusni warga Rt 01 Rw 01 Dukuh Nglurup Desa Nglurup Sampung, api membakar dapur dan sebagian rumah induk.

“Tadi malam sekitar pukul 23:46 WIB kami mendapat laporan dari rekan BPBD bahwa terjadi kebakaran di desa nglurup kecamatan sampung” katanya kepada gema surya Senin (25/09).

Menurut Bambang api berasal dari tungku dapur yang belum mati sempurna saat di tinggalkan sehingga merambat ke tumpukan kayu saat pemilik tertidur pulas. Api yang membakar selain menghanguskan dapur juga merembet ke sebagian rumah induk. Beruntung tidak sampai merembet ke kandang sapi yang lokasinya juga berdekatan. 

“Yang terbakar dapur bersebelahan dengan sebagian rumah induk, kemudian dengan kandang sapi juga, tetapi tidak sampai merembet ke kandang, kemudian sapinya bisa terlepas dan lari” imbuhnya.

Setelah menerima laporan pihaknya meluncur ke lokasi dibantu BPBD, Polsek dan warga lainya. Dalam kurun waktu 2 jam api berhasil di padamkan, sedangkan kerugian diperkirakan mencapai Rp.50.000.0000.

Atas kejadin itu, Kembali pihaknya mengingatkan agar  jadi pelajaran untuk warga yang memasak menggunakan tungku api, setelah menggunakan diharap mengecek sebelum meninggalkannya dimana api harus benar-benar padam. Apalagi dalam Sebulan terakhir kasus kebakaran didominasi dari lupa mematikan tungku api dapur dan pembakaran sampah.