Jelajah

Puluhan Tahun Mati Suri, Pasar Hewan Kliwon Tonatan Dihidupkan Lagi

Setelah hampir 20 tahun mati suri, Pasar Hewan Kliwon Kelurahan Tonatan Ponorogo akhirnya dihidupkan kembali. Pasar yang ada di selatan perempatan Jeruksing itu resmi dibuka Kamis (21/9), diwarnai dengan kesenian gajah-gajahan.

“Sesuai dengan penjelasan dari pelaku-pelaku usaha itu mulai sejak 2003 itu sudah istilahnya opname, tidak sembuh-sembuh mati suri,” kata Chusnul Textila Lurah Tonatan dalam program Jelajah Pagi RGS FM Kamis (21/9). 

Ini karena pedagang mengeluh sepi sehingga satu persatu pedagang yang rata-rata jualan ternak kambing pilih pasar hewan jetis. Kondisi tersebut berlangsung lama hingga akhirnya Pasar Kliwon mangkrak.

Dengan mangkraknya pasar, membunuh perekonomian di sekitarnya dari warung-warung maupun kios di sekitarnya ikut tutup.Melihat kondisi itu akhirnya pihaknya menjak rembugan para pedagang, dengan menawarkan untuk membangkitkan lagi Pasar Hewan Jeruksing.

Ternyata mendapat sambutan luar biasa, dimana pedagang siap untuk berjualan kembali. Nantinya pengelolaan parkir akan diserahkan ke pemuda setempat. (rl/ab)