Jelajah

Bertambah 4 Dusun Wilayah di Ponorogo yang Membutuhkan Air Bersih

Wilayah dusun yang kekeringan di Kabupaten Ponorogo bertambah. Berdasarkan data di BPBD Ponorogo, tersebut 4 dusun yakni Dusun Dungus Desa Karangpatihan Pulung, Dusun Sukun Desa Sidoharjo Pulung, Dusun Krajan Desa Wates Slahung, dan Dusun Watuagung Dayakan Badegan.

Masun Kepala pelaksana BPBD Ponorogo mengatakan, pihaknya telah melakukan assesment di 4 dusun tersebut di pertengahan bulan September 2023, ini setelah pihaknya memperoleh usulan dari masing-masing pemerintah desa. Hasilnya mereka membutuhkan droping air bersih.

Masun mengatakan, pengiriman droping air bersih setiap dusun jumlahnya setiap pekan berbeda-beda. Misalnya di Dusun Sukun Sidoharjo Pulung, dalam seminggu dikirim 2 kali yakni menggunakan 2 truk tangki berisi per tangki 6.000 liter. Ada juga dalam sepekan hanya dikirim satu kali dengan menggunakan 2 tangki.

Menurutnya Dusun Krajan Wates Slahung dan Dusun Dungus Karangpatihan Pulung ini, sebenarnya sudah ada pamsimas dan sumur dalam. Namun saat ini debit air kecil, sehingga membutuhkan droping air bersih.

Sedangkan untuk Watuagung Desa Dayakan Badegan, akan dilakukan droping mulai minggu ini.

Sekedar informasi, total ada 5 dusun yang terdampak kekeringan yakni Dusun Jenggring Desa Duri, Dusun Krajan Desa Wates Slahung, Dusun Watuagung Desa Dayakan, Badegan, Dusun Sukun Desa Sidoharjo Pulung, Dusun Dungus Desa Karangpatihan Pulung, total terdampak 373 KK atau 1.181 jiwa. (yd/ab)