Jelajah

Api Tungku Belum Mati Sempurna, Dapur Warga Nongkodono Ludes Terbakar

Kasus kebakaran kembali terjadi di Ponorogo dimana kali ini menimpa dapur rumah warga Jl.Candi Wilis Rt 02 Rw 01 Desa Nongkodono Kauman Rabu petang (13/09), Beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. 

Seperti yang disampaikan Bambang Supeno Kantor bagian (kabag) damkar dan penyelamatan satpol PP Pemkab, dimana peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18:00 Wib dengan luas dapur yang terbakar sekitar 4×6 meter. 

“Kemarin petang, di Rt 02 Rw 01 Desa nongkodono Kuman, dirumahnya bapak yudo sekitar pukul 18:00 mendapat laporan dari warga” jelasnya kepada gema surya Kamis (14/09).

Menurut bambang sumber api berasal dari tungku kayu yang belum  padam sempurna, sebenarnya berdasarkan keterangan korban, sudah mematikan api setelah selesai memasak lalu pergi ke kamar untuk istirahat, ternyata api belum seratus persen mati, kemudian menjalar ke tumpukan kayu kering dab barang barang di sekitarnya, apalagi dinding dapur masih terbuat dari bambu sehingga api semakin cepat menyebar. 

“Api sebenarnya sudah dimatikan, kemudian ditinggal istirahat, menurut pemilik rumah, api ternyata api belum padam sempurna” imbuhnya.

Bambang menambahkan, yang ludes terbakar adalah bagian dapur sementara rumah induk aman, sehingga pemilik rumah dan keluarganya tidak perlu mengungsi. Saat tema damkar datang kondisi api sudah hampir padam, karena warga sudah sigap membantu melokasir kobaran api. Sehingga regu hanya melakukan pembasahan dan memastikan api benar-benar padam.